Selwan Al Jaberi Buyarkan Keunggulan Persebaya

By ommed


nusakini.com - Persebaya Surabaya gagal kembali ke jalur kemenangan setelah gol menit akhir Selwan Al Jaberi memaksa mereka bermain imbang 2-2 melawan Persela Lamongan di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Kamis (10/2) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-24 Liga 1 2021/22.

Hasil itu membuat Persebaya menambah catatan tanpa kemenangan menjadi tiga laga beruntun. Skor imbang membuat posisi Persebaya tetap di peringkat empat klasemen sementara usai mengoleksi nilai 44, tertinggal satu angka dari Bali United yang berada di posisi ketiga.

Sementara tambahan satu membuat Persela tetap berada di peringkat 16 klasemen. Koleksi poin Persela sama dengan Barito Putera, namun mereka kalah agresivitas dibandingkan Laskar Antasari.

Persebaya langsung menerapkan permainan agresif untuk menekan pertahanan Persela selepas wasit meniup peluit kick-off. Hasilnya, mereka sudah membuka keunggulan ketika laga berjalan lima menit.

Gol Persebaya ini berawal dari blunder kiper Rio Agata yang ingin menghalau bola. Namun si kulit bundar jatuh ke kaki Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang itu selanjutnya mengecoh satu pemain belakang Persela sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Persebaya sempat menjebol gawang Persela pada menit ke-22, tapi dianulir wasit. Wasit menganggap tangan Arsenio Valpoort terlebih dulu menyentuh bola yang membuat si kulit bundar masuk ke dalam gawang. Pemain Persebaya melakukan protes, tapi wasit bergeming dengan keputusannya.

Persela selanjutnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-32. Tendangan Ilham Fathoni berhasil ditepis kiper Ernando Ari, tapi bola mengarah ke Radiansyah yang langsung menanduknya ke dalam gawang.

Selang tujuh menit kemudian, Persebaya nyaris unggul akibat kesalahan barisan belakang. Tendangan Syarif Wijianto yang berusaha menghindari ancaman penyerang Persebaya justru mengarah ke gawang. Beruntung Rio mampu melakukan penyelamatan. Skor 1-1 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Persela yang bermain lebih agresif di awal babak kedua justru tertinggal dari Persebaya pada menit ke-61. Sundulan Anesio menyambut umpan Marukawa tidak berhasil dicegah Rio masuk ke dalam gawangnya. Ini menjadi gol perdana Anesio bagi Persebaya.

Selang delapan menit kemudian, Persela memberikan ancaman melalui Selwan Al Jaberi. Sayangnya, tendangan keras Al Jaberi dari luar kotak masih bisa ditepis Ernando. Sedangkan peluang Persebaya di menit ke-80 lewat tendangan bebas M Hidayat mampu ditepis Rio.

Upaya Persela menyamakan kedudukan akhirnya terwujud di injury time. Menerima umpan lambung dari sisi kanan serangan, Al Jaberi menanduk bola untuk menaklukkan Ernando, sehingga laga ditutup dengan skor 2-2. (gi/om)